Cara Mudah Deteksi Ayam Layer

Cara Ternak Ayam Kampung

Apakah kamu masih asing dengan istilah ayam layer? Ayam layer adalah ayam betina yang menghasilkan telur, sedangkan ayam jantan tidak. Dulunya, sebelum ada teknologi canggih seperti ini, DOC ayam jantan selalu dibuang karena dirasa hanya DOC ayam betina saja yang lebih penting. Caranya adalah setelah ditetaskan kemudian dibuang DOC ayam jantan itu, karena dianggap kurnag menguntungkan jika diambil dagingnya pula. Tapi dengan teknologi saat ini, sudah langsung bisa mendeteksi mana telur yang ingin ditetaskan atau tidak. Lalu bagaimana cara mendeteksi mana telur ayam jantan atau betina?

Peternak biasanya sudah bisa langsung membedakan mana telur ayam jantan dan ayam layer betina dilihat dari embrionya, karena dua-duanya memiliki perbedaan yang signifikan. Caranya adalahm cairan dalam cangkan telur diambil dan ditelilit. Jika sudah terdeteksi mana hormone ayan jantan dan ayam layer betina, maka peternak sudah bisa langsung mengetahui mana yang akan ditetaskan mana yang akan dikonsumsi.

Baca juga : 5 Masalah Ternak Ayam Broiler yang Sering Terjadi

Cara yang berikutnya jika dirasa sulit untuk mendeteksi melalui embrio, bisa dilihat melalui kelaminnya. Jika memiliki titik kecil sudah bisa dipastikan itu adalah ayam jantan tetapi jika tidak ada itu adalah ayam layer betina. Mendeteksinyapun lebih baik dari kecil karena makin dewasa jenis ayamnya akan semakin sulit menemukan ayam layer betina.

Dari bulu juga peternak bisa mendeteksi ayam layer betina. Saat masih menjadi anak ayam, biasanya memiliki pertumbuhan bulu yang belum banyak pada bagian sayap akan ada dua jenis bulu yaitu bulu atas dan bulu bawah. Jika ayam layer betina pasti memiliki bulu bagian bawah yang lebih panjang dari pada ayam jantan.

Sebenarnya ayam layer betina tidak memerlukan ayam jantan untuk memproduksi telur, maka dari itu kenapa ayam jantan sering dianggap tidak penting. Tetapi telur-telur yang dihasilkan oleh ayam layer betina adalah telur yang tidak akan menetas atau telur yang akan dikonsumsi oleh konsumen. Tetapi telur-telur itu tetap perlu dibuahi untuk dapat menghasilkan DOC ayam layer baru.

Baca juga : Tidak Perlu Ekspor, Ini Cara Ternak Ayam Layer Sendiri

Tinggalkan komentar