Tidak Perlu Ekspor, Ini Cara Ternak Ayam Layer Sendiri

Berternak Ayam Petelur

Memiliki ternak ayam layer sendiri bisa dilakukan tanpa harus mengekspor telur dari luar. Membudidayakan ayam layer untuk di ambil telurnya ini bisa meraup banyak keuntungan. Apalagi saat harga bahan-bahan pokok sedang melambung tinggi, akan ada banyak keuntungan yang dapat diraih. Modal yang dikeluarkan untuk memulai usaha ternak ayam layer ini pun tidak banyak, karena dengan sekala kecil ayam layer saja peternak sudah bisa menghasilkan keuntungan. Dengan bertambahnya keuntungan, peternak juga bisa menambah jumlah ayam layer yang akan dibudidayakan.

Untuk bisa mendapatkan keuntungan, pertama-tama harus mengetahui tentang kapan harga kebutuhan telur akan naik setiap bulannya dan jugta saat harga menurun. Karena harga yang tidak stabil inilah yang dapat membuat peternak mengalami kerugian karena tidak memiliki kesiapan tentang harga telur di pasaran. Tetapi, meskipun harga telur sering tidak stabil, aka nada masanya harga telur menjadi stabil kembali, jadi bisa dipastikan harga telur lebih sering stabil daripada menurun. Peternak bisa tetap mendapatkan keuntungan dari ayam layer yang dibudidayakan jika tahu bagaimana cara merawat ayam layer dengan baik dan benar. Karena jika tidak mengetahui bagaimana cara perawatannya bisa-bisa mengalami kerugian besar.

Baca juga : Cara Mudah Deteksi Ayam Layer

Maka dari itu mengetahui cara perawatan yang baik dan benar pun menjadi salah satu faktoe penentu keuntungan, karena ayam layer dapat memproduksi telur lebih cepat dengan perawatan yang benar. Seperti pengukuran nutrisi yang baik, lemak yang dibutuhkan ayam layer terpenuhi, juga tidak kekurangan air minum agar dapat menyerap nutrisi lebih baik. Masa panen juga akan lebih cepat, sehingga perputaran modal juga bisa tetap berjalan dengan baik.

Jumlah produksi yang akan diterimapun juga akan lebih tinggi melihat jika ayam layer dirawat dengan cara yang benar. Selain akan bertelur lebih cepat juga akan menghasilkan telur-telur yang berkualitas. Ayam layer juga memiliki kelebihan sendiri dari jenis ayam lainnya, yaitu memiliki daya serap makanan yang tinggi. Saat peternak sudah memberikan ayam layer makanan akan lebih mudah untuk menyerapnya dari pada jenis ayam lain, meskipun telah diberikan makanan bernutrisi kadang pertumbuhannya masih kurang.

Dengan berternak ayam layer, peluang untuk mendapatkan keuntungan juga jauh lebih besar. Karena saat ini banyak sekali para pebisnis baru dalam makanan dan kue yang suka mencari langsung supplier telur. Jadi ayam layer yang menghasilkan telur berkualitas tidak perlu lagi ekspor dari luar.

Baca juga : 5 Masalah Ternak Ayam Broiler yang Sering Terjadi

Tinggalkan komentar